Mengapa Jadi Pilot Harus Tinggi?

Beragam seputar dunia penerbangan. Salah satunya mengenai tinggi badan pilot. Hampir sebagian besar cadet tidak lulus seleksi karena masalah tinggi badan. Masalah tinggi badan pilot sangat berpengaruh terhadap kemampuan terbang karena berkaitan erat dengan sistem kerja.

Baik ketika akan mendaftar jadi pilot ataupun juga hanya mengenal profesinya lebih dekat, syarat tinggi badan pilot terkadang menjadi suatu pertanyaan “mengapa harus memiliki tubuh yang tinggi bahkan lebih dari bidang pelayaran, kemiliteran, dan kepolisian”. Sekalipun tugas pilot hanya menerbangkan pesawat namun untuk ukuran fisik ternyata tak kalah diprioritaskan. Ternyata ada beberapa hal yang melatarbelakangi persoalan ini, sebagai berikut:

Kaki harus menyentuh rudder pesawat

Ketentuan panjang kaki untuk masuk sekolah pilot umumnya adalah 100 cm atau 1 m. Hal ini memungkinkan agar pilot dapat mengendalikan sistem operasi pesawat dengan baik di mana kaki harus menyentuh rudder pesawat. Rudder merupakan bidang kendali untuk melakukan belok kanan atau kiri. Dengan menggunakan rudder pedal sistem pesawat tersebut dapat dikendalikan. Cara kerja sistem rudder kalau untuk kendaraan darat roda empat adalah gas atau rem mobil.

Tangan mampu bekerja di kokpit dengan baik tanpa ada kesulitan

Selain panjang kaki yang harus menyentuh rudder pesawat seperti halnya ketika landing, tinggi badan juga berpengaruh dengan kinerja tangan yang mampu mencapai bagian pesawat dengan mudah. Pilot dapat bekerja dengan baik dalam mengoperasikan pesawat tanpa adanya kesulitan. Dengan tinggi badan yang ideal pastinya akan lebih mudah bagi pilot untuk mengatur lajunya penerbangan.

Kenyamanan dan keselamatan dalam penerbangan

Berdasar kedua poin di atas maka tinggi badan pilot sangat mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan penerbangan karena semua sistem di dalam kokpit harus dijalankan dengan sebaik mungkin, terutama bergerak cepat pada saat mengalami segala insiden seperti cuaca buruk yang menyebabkan guncangan dahsyat.

Produsen pesawat ialah dari luar negeri. Namun, bukan berarti orang luar (yang ketinggian badannya tidak sama dengan orang Indonesia) dengan sengaja memproduksi kokpit sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini dapat dilihat dari kursi pilot di kokpit pesawat dapat diatur sendiri sesuai dengan kenyamanan pilot dalam mengemudikan pesawat, baik itu ketinggian maupun kerendahan , maju ataupun mundur. Namun memang, ketinggian badan adalah hal penting untuk dapat bekerja secara optimal tanpa mengalami banyak kesulitan.

Tinggi badan pilot untuk pria yaitu 170 cm, sedangkan wanita 160 cm, terkadang menjadi salah satu penghambat untuk mengejar cita-cita sebagai pilot. Bila ketinggian badan merupakan rintangan buat Anda untuk mendaftar di sekolah penerbangan, maka ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan, yaitu dengan cara berolahraga dan juga mengkonsumsi suplemen pendukung. Jenis olahraga yang bisa dilakukan di antaranya adalah lari, berenang, skipping, basketball, dan gantung atau angkat badan. Olahraga yang dilakukan perlu disesuaikan dengan kemampuan tubuh agar dapat dilakukan dengan maksimal dan tidak membahayakan. Demikian pula untuk pengkonsumsian suplemen pendukung  sebaiknya dipastikan baik untuk kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *